Home > Berita > Silaturahmi Tim USAID Bijak dan ARuPA ke Wakil Bupati Trenggalek
Tim USAID dan ARuPA bersama Wakil Bupati Trenggalek

Kamis, 8 April 2021 Tim USAID Bijak dan ARuPA bersilaturahmi ke Wakil Bupati Trenggalek M. Syah Natanegara dengan didampingi Sekretaris Daerah Trenggalek Joko Irianto. Dalam pertemuan tersebut, juga hadir Ramelan selaku Asisten Sekretaris Daerah II Bidang Perekonomian dan Pembangunan; Agus Dwi Karyanto selaku Camat Panggul; dan Eko Margono selaku perwakilanpemerintahDesa Wonocoyo.

Dalam pertemuan tersebut, Aliansi Relawan untuk Penyelematan Alam (ARuPA) melaporkan kepada Wakil Bupati Trenggalek tentang perkembangan kegiatan pendampingan KEE Pantai Taman Kili Kili di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, Trenggalek. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan atas dukungan dari USAID-Bangun Indonesia untuk Jaga Alam demi Keberlanjutan (BIJAK).

Edi Suprapto Direktur Eksekutif ARuPA memaparkan latar belakang program kepada Wakil Bupati Trenggalek

Pada kesempatan tersebut, Edi Suprapto selaku Direktur Eksekutif ARuPA memaparkan terkait latar belakang dilaksanakannya program pendampingan KEE di Kabupaten Trenggalek. Edi Suprapto menuturkan bahwa dengan adanya area pendaratan penyu yang merupakan spesies dilindungi di Pantai Taman Kili Kili, Desa Wonocoyo, Panggul, Trenggalek maka kawasan tersebut termasuk dalam area bernilai konservasi tinggi (ABKT) sehingga diperlukan perlakuan khusus diantaranya dengan menjadikan kawasan tersebut sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Sementaraitu, Hayu Wibawa selaku perwakilan USAID-Bijak menambahkan bahwa dengan dibentuknya KEE Pantai Taman Kili Kili, maka diperlukan penguatan dari sisi kelembagaan pengelola KEE yang notabene sebagian besar anggota pengelolanya adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek. Selain penguatan dari sisi kelembagaan, juga telah dilakukan penguatan pengelolaan KEE dalam bentuk penyusunan dokumen rencanaaksi KEE Pantai Taman Kili Kili 2021-2025.

Wakil Bupati Trenggalek, M. Syah Natanegara menyambut baik dengan adanya dukungan USAID Bijak dan ARuPA dan mengharapkan adanya kelanjutan program untuk mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam menjalankan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan KEE Pantai Taman Kili Kili. Hal tersebut selaras dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam menjaga kelestarian ekosistem yang tercermin dalam visi kerja Bupati Trenggalek yaitu MEROKET (Maju ekonomi rakyatnya, Orangnya/Organisasinya kreatif; Ekosistemnya terjaga). (AL)

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*