Home > Berita > Bantuan Perahu Fiber untuk Nelayan di Banyuwangi
Bantuan perahu fiber untuk nelayan di Banyuwangi (Foto: Jatimnow.com)

Jatimnow.com – Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Baruna Jaya, Bedul, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi mendapat bantuan satu unit perahu fiber.

Bantuan itu berasal dari Organisasi Masyarakat Dedicated Grant Mechanism (DGM) Indonesia yang berkolaborasi dengan Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA).

Dewan Pengarahan DGM Indonesia, Surti Handayani mengatakan, bantuan itu untuk memberikan peluang agar nelayan bisa mandiri.

“Bantuan ini bertujuan agar nelayan bisa mandiri dan memanfaatkan potensi di daerahnya,” ujar Surti, Kamis (18/2/2021).

“Perahu ini juga mampu membuat ikon Wisata Bedul yang sempat terpuruk bisa kembali bangkit,” tambahnya.

Sementara Kepala Desa Sumberasri, Muhamad Yasin mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak yang telah membantu para nelayan. Menurutnya, bantuan tersebut dapat menyulut semangat para nelayan untuk bekerja mandiri.

“Perahu ini sangat dibutuhkan oleh nelayan kami. Kami ucapkan terima kasih kepada DGM Indonesia dan ARuPA yang telah menjembatani kegiatan ini,” ungkap Yasin.

Dijelaskan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1, Balai Taman Nasional Alas Purwo, Probo Wresniaji, Blok Bedul merupakan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) di wilayahnya.

“Adanya bantuan dari berbagai pihak ini harapan kami dapat mempererat kemitraan kami di wilayah khususnya di Segoro Anakan. Kami menyebutnya ini zona tradisional. Kawasan ini dimanfaatkan oleh masyarakat dan nelayan secara turun-temurun,” jelasnya.

Sedangkan Ketua KUB Nelayan Baruna Jaya, Heru Kriswanto menyebut bahwa bantuan satu unit perahu itu bisa menambah semangat para nelayan. Harapannya, ini bisa memantik keinginan nelayan untuk bangkit.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dengan memberikan satu perahu fiber. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan semangat untuk kami bermandiri,” ucapnya.

Sumber: Bantuan Perahu Fiber untuk Nelayan di Banyuwangi (jatimnow.com)

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*