tangan2negara
tangan2negara menggenggam hutan
Judul Buku:
Tangan-Tangan Negara Menggenggam Hutan
Kajian Pengelolaan Hutan diluar Pulau Jawa Oleh PT. INHUTANI
Tebal :
xxii + 248 halaman ; 21,5 x 29 cm
Penerbit :
BP ARuPA
Tahun Penerbitan :
2002
ISBN :
979-96513-1-X
Ringkasan :
Jamak kita dengar tentang hutan alam Indonesia yang kian hari kian tak tertahan, terus bergulir dengan cepat menuju jurang kehancurannnya. Kerapkali kita menjadi saksi, betapa masyarakat di tepian dan didalam hutan itu dari waktu kewaktu semakin jauh dari atmosfer kemakmuran. Pengusahaan hutan alam semesta ini, telah menenggelamkan mereka dalam keterpurukan — akibat hilangnya jaminan keberlanjutan perikehidupan sosial, ekonomi serta budaya bagi rakyat kecil. Trilyunan rupiah yang silih berganti masuk ke kantong-kantong konglomerat dan pengusaha kayu kakap, ternyata hangus tak berbekas. ribuan komunitas tempatan, tak sepeserpun dapat menikmati, sebab yang tersisa ditengah-tengah hutan kita hanyalah nol belaka. Sementara itu kerusakan hutan, kemiskinan, dan bencana demi bencana terus bergulir — bagai putaran spiral nasib yang tak berujung pangkal.
Dan tepat ditengah pusaran itu, bercokol pusat-pusat kuasa negara yang rakus menggapai kian kemari lewat jari-jemari gaibnya. Tak terperikan kuatnya cengkeraman birokrat,swasta, dan Badan Usaha Milik Negara atas hutan dan kekayaan yang terkandung didalamnya. Puluhan tahun sistem ini berjalan dan puluhan tahun pula tak ada upaya menghentikannnya secara serius. Rusaknya hutan tidak juga menjadikan jera. Sebaliknya, tatkala kesempatan masih terbuka, bertubi-tubi perusakan hutan terus berjalan dan ketamakan tetap merajalela.
Kini, ketika seluruh bangsa tengah berada dalam era keprihatinan yang luar biasa, sepatutnya praktek-praktek kehutanan diarahkan pada lajur-lajur yang lebih berpihak kepada kepentingan kalangan bawah. Merekalah yang sungguh-sungguh tergantung terhadap keberadaaan hutan, dan merekalah yang mampu menjamin hutan tetap ada dan bermanfaat bagi semua. Tanpa itu, hutan lagi-lagi hanya akan bernasib sama dengan sumber daya alam lain, habis-habisan dieksploitasi namun tak bermanfaat sama sekali bagi anak negeri.
Kita tentu harus berupaya agar jangan lagi satu tangan saja yang dibiarkan terus-menerus menggenggam hutan. Sebab jika hanya ditangan negara saja, maka selamanya genggaman itu akan terus menguat. Lalu tak ada lagi hari depan bagi cita-cita kesejahteraan dan kelestarian, hingga nantinya anak-cucu kita, barangkali hanya akan dapat berbicara tentang keberlanjutan hutan…dalam mimpi-mimpi…dalam tidur berselimutkan cuaca yang panas dan udara penuh polusi.
Stock Buku :
40 eksemplar
Jika anda berminat dengan buku ini, silakan hubungi kami di email :
sugengtri@arupa.or.id

cukup dengan mengganti ongkos kirim serta menuliskan nama dan alamat yang jelas.

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*