Pertemuan MDK di Desa Sumber Asri

Pendampingan Lembaga Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam di desa Sumberasri, salah satu desa penyangga Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi terus berlanjut. Kali ini kegiatan pendampingan di bulan April lalu, lebih berfokus pada pertemuan kelompok MDK Desa Sumberasri yang dilakukan akhir bulan lalu.

Pertemuan kelompok MDK Desa Sumberasri sendiri yang digelar sekitar akhir bulan lalu ini menghadirkan dua kelompok dampingan, yakni kelompok Sumber Makmur dan BUMDes Lohjinawi. Selain itu, hadir pula, penyuluh, pendamping Lembaga ARuPA serta Kepala SPTNW.

Di awal pertemuan sendiri, Probo Wresni Adji, S.Hut., MPA, Kepala SPTNW I menjelaskan bahwa pertemuan ini diadakan untuk mengetahui perkembangan dan kendala secara langsung yang dialami oleh kelompok MDK TNAP, sekaligus dijadikan media tukar pendapat antar kelompok. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi yang sesuai terkait kendala yang dialami oleh kelompok.

Memasuki sesi diskusi, masing-masing kelompok mulai memaparkan kebutuhan serta kendala yang dialami. Misalnya saja, pada kelompok Sumber Makmur, kebutuhan yang dibutuhkan Pembuatan akta notaris dan kendala yang dialami sekarang adalah persoalan nama yang akan disertakan oleh Kelompok.

Sedangkan pada kelompok BumDes Lohjinawi, mereka membutuhkan adanya peraturan desa untuk pengelolaan unit usaha Desa Sumberasri. Kendalanya sendiri, Kepala Desa masih belum mebuat perdes terkait pengelolaan usaha di Desa Sumberasri.

Dari permasalahan yang dialami masing-masing kelompok tadi, akhirnya ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan bersama untuk mengatasi kendala masing-masing kelompok.

Pada kelompok Sumber Makmur, misalnya, penyuluh dan pendamping akan bertemu Agus selaku petugas di BPP Purwoharjo untuk menanyakan penamaan di akta notaris. Sedangkan pada kelompok BumDes Lohjinawi, Pendamping Lembaga ARuPA akan melakukan konsolidasi dengan Kepala Desa terkait kinerja BUMDes ke depan.

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*