Brief Info CCA

Community Carbon Accounting (CCA) merupakan sebuah action research dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dan memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya fungsi hutan dan bagaimana keterkaitan hutan terhadap pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi saat ini. Kegiatan ini berlatar belakang karena selama ini masyarakat hanya menjadi objek kegiatan penelitian, bukan lagi objek atau pelaku utama. Action research ini dilakukan di hutan rakyat. Hutan rakyat sangat saat ini merupakan fenomena yang luar biasa, baik dari luas maupun potensinya.

Menurut BPKH XI hingga tahun 2008 luas hutan rakyat di Pulau Jawa telah mencapai 2,6 juta hektar. Data ini hampir sama dengan luas hutan Negara yang ada di Pulau Jawa, sekitar 2.99 juta Ha atau 23% dari luas total Pulau Jawa. Pengelolaan hutan rakyat juga menarik dari sisi pengelolaannya. Pengelolaan dan pengaturan hutan yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat merupakan sebuah bukti bahwa masyarakat pada dasarnya mampu mengelola hutan secara lestari.

Action research CCA ini dilakukan dengan membangun hubungan antara peneliti dan partisipan (stakeholder). Semua harus menjadi salah satu co-peneliti sehingga memungkinkan masukan, tidak hanya menjadi hasil tetapi juga ke definisi masalah atau isu yang akan diteliti. Oleh karena itu peneliti menerjemahkan pengalaman sosial daripada menghasilkan “laporan penelitian”.

Kegiatan CCA ini dilakukan dengan mengembangkan metode bersama masyarakat dalam bentuk perhitungan karbon hutan rakyat yang dilakukan oleh masyarakat sendiri. Selain melakukan perhitungan, kegiatan monitoring juga dilakukan. Action research ini juga membangun kapasitas masyarakat dengan melibatkan masyarakat dalam dialog nasional mengenai REDD+ dan melakukan “share learning” CCA dengan melakukan perluasan action research CCA dengan mencetak kader-kader (trainertrainer) dari masyarakat.

Download –> Brief Info CCA

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*