4_update

Pasca Pelatihan Kelembgaan dan Kewirausahaan, pendampingan Lembaga Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA) di Desa Sumberasri, Banyuwangi, Jawa Timur mulai kembali dilanjutkan pada Oktober 2015.

Untuk kali ini, fokus pendampingan Lembaga ARuPA lebih pada penyusunan RKT di dua kelompok masyarakat (pokmas), yakni Kelompok Ternak Sumber Makmur dan Kelompok BUMDES Loh Djinawi.

Dalam penyusunan RKT kedua kelompok tersebut, terlihat ide – ide menarik mulai muncul pada kedua pokmas tersebut.

Misalnya saja, pada kelompok Sumber Makmur, mereka lebih fokus pada pengadaan alat pembuatan pupuk, alat pembuatan pakan ternak, dan alat penggilingan gabah.

Ketiga alat tersebut, menurut Ketua Kelompok Sumber Makmur, sangat dibutuhkan. “Soalnya, dengan adanya alat – alat tersebut bisa membantu peningkatan ekonomi dalam kelompok Ternak Sumber Makmur,” terang Ketua Sumber Makmur.

Untuk itu, bersama Pendamping Lembaga ARuPA, para pengurus Kelompok Ternak Sumber Makmur melakukan kunjungan lapangan di tempat Marjianto, salah satu ahli pembuatan pupuk di daerah Jatirejo. Dalam pertemuan tersebut, pendamping Lembaga ARuPA dan pengurus kelompok banyak berdiskusi mengenai pembuatan pupuk organik dan pembuatan pakan ternak.

Selain pengadaan ketiga alat tersebut, ide lainnya dari Kelompok Ternak Sumber Makmur adalah membangun Koperasi Simpan Pinjam. Hal ini diyakini dapat membantu pengembangan kelompok, utamanya dalam sisi ekonomi dan kelembagaan. Untuk ide pembangunan Koperasi Simpan Pinjam ini direalisasikan pada pertemuan rutin kelompok yang digealr pada Jumat, 16 Oktober 2015. Dalam pertemuan rutin tersebut dibahas bagaimana sistem koperasi tersebut dan siapa saja yang akan menjadi pengurusnya.

Sedikit berbeda dengan Kelompok BUMDES Loh Djinawi, kelompok ini lebih fokus pada perbaikan internal kelompok. Hal ini tampak pada pertemuan yang diadakan di Kantor Sekretariat BUMDES Lho Dji Nawi, Desa Sumbeasri pada Minggu, 18 Oktober 2015.

Dalam pertemuan yang dihadiri Sekertaris desa, pendamping Lembaga ARuPA, pengurus BUMDES Lho Dji Nawi dan eks-pengurus BUMDES Lho Dji Nawi, muncul rencana untuk memperbaiki AD/ART kelompok dan penyusunan program kerja yang akan dilakukan selama setahun mendatang. Selain itu, dibahas pula mengenai pelatihan penguatan Kelembagaan, khususnya untuk seluruh anggota kelompok BUMDES Lho Dji Nawi.

Selanjutnya, untuk kegiatan pendampingan dalam bulan ini adalah melanjutkan penyusunan anggaran RKT pada pokmas ternak Sumber Makmur dan BUMDES Lho Dji Nawi. Selain itu, juga akan dilakukan pendampingan penyusunan pada pokmas-pokmas lainnya.

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*