WhatsApp Image 2019-08-25 at 04.53.53

Pelatihan Teknis dan Motivasi Usaha Tani  APHR Ngudi Utomo

Semilir angin mongso bediding berhembus pelahan menyapa suasana pagi di Desa Sukorejo, Musuk Boyolali,  tampak dedaunan menari-nari mengiringi  orchestrasi tetesan embun  dan kemudian  terpecah ketika membentur lebat batang pepohonan di hutan rakyat diwilayah kelola APHR Ngudi Utomo, Boyolali.

Geliat para petani hutan di kaki Gunung Merapi ini  melawan hawa dingin yang menusuk tulang biasanya dengan melakukan aktivitas di lahan, mencari rumput untuk pakan ternak dan memerah susu sapi dikandang yang biasanya berada di sekitar rumah petani.

Tetapi pagi itu, 21 Agustus 2019, aktivitas mereka agak berbeda. Tampak satu – dua – tiga orang berpakaian batik dan rapi mulai berdatangan di rumah Sarono, Ketua APHR Ngudi Utomo . Rumah beliau ini juga digunakan sebagai sekretariat kelompok. Ada sekitar 15 orang yang datang untuk mengikuti pelatihan teknis pemanfaatan lahan tegakkan.

APHR Ngudi Utomo adalah asosiasi  atau kumpulan dari petani-petani pemilik dan pengelola hutan rakyat di Desa Sukorejo dan Desa Pagerjurang, Kecamatan Musuk. Dalam kegiatannya APHR Ngudi Utomo mempunyai Koperasi yang bernama Koperasi Ngudi Utomo dan di dua desa ini mempunyai kelompok-kelompok tani hutan dimana unit kelestarian berada didalamnya. Kelompok-kelompok tani hutan ini juga mempunyai agenda dan kegiatan masing-masing untuk mendukung kegiatan pengelolaan hutan rakyat di Musuk.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh APHR Ngudi Utomo untuk menambah wawasan dan pengetahuan anggotanya dalam pemanfaatan sumber daya alam hasil hutan bukan kayu yang melimpah dan belum optimal dalam pengolahannya.

“Dengan pelatihan ini diharapkan, memantik keinginan anggota untuk berwirausaha melalui kegiatan-kegiatan ekonomi produktif dengan memanfaatkan potensi hasil hutan bukan kayu milik anggota”, demikian kata Sarono. “Harapannya setelah pelatihan ini, petani tidak hanya focus pada perawatan dan pemeliharaan pohonnya tetapi juga pada potensi lainnya sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota” , imbuhnya.

WhatsApp Image 2019-08-25 at 04.53.53

Kegiatan pelatihan pertanian, peternakan dan perkebunan di APHR Ngudi utomo ini dilaksanakan dari pukul 08.00 wib sampai dengan 15.30 wib dengan  menghadirkan beberapa narasumber diantaranya adalah  Kepala BPP  Musuk, Bambang Irawan, SP, yang menyampaikan Kebijakan Pertanian Pemerintah yang kemudian dilanjutkan dengan materi Budidaya Peternakan dan Kesehatan Ternak

Pada sesi kedua dilanjutkan materi budidaya pertanian (Pangan, Horti, Perkebunan) yang disampaikan oleh Siti Wardhani, SP. Pemateri terakhir adalah dari Kukuh Subiyanto, SP yang memberikan materi Kebijakan kehutanan. Dan yang terakhir adalah Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan pelatihan.

Tidak terasa, matahari telah merangkak ke arah barat , semburat sinar sang surya sore hari yang memerah terhalang oleh mendung yang pelahan bergerak menutupinya. Tampak para peserta pelatihan mulai berkemas-kemas untuk menyelesaikan pelatihan ini, wajah-wajah optimis terpancar dari para peserta pelatihan ini untuk segera menerapkan hasil pelatihan yang didapat. Sementara itu tantangan pengolahan hasil hutan bukan kayu setelah kegiatan ini telah berada di depan mata, dan mereka pasti bisa.

Salam lestari…

(ST)

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*