Publis

Dalam rangka program “Scalling Up Legality Verified Community Forest and Small and Medium Wood Industries to Increase Supply for FLEGT Licensed Timber and Timber Product” Lembaga Aliansi Relawan untuk Penyalamatan Alam (ARuPA) mengadakan pertemuan dengan para pengurus Unit Manajemen Hutan Rakyat (UMHR) Wono Lestari di Rumah Makan Joglo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat, 5 Februari 2016.

Pertemuan yang diselenggarakan lewat kerjasama bersama Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI), dengan bantuan dana dari Europian Union (EU) ini bertujuan untuk berkoordinasi dengan kelompok UMHR Wono Lestari untuk menyiapkan persyaratan maupun tahapan dalam pelaksanaan perencanaan bisnis (bussines plan) sekaligus juga mempersiapkan Musyawarah Anggota (MA).

Harapannya, lewat adanya pertemuan ini, kelompok dapat memperkuat kelembagaan serta lebih siap dalam merencanakan bisnis komunitas yang akan dibangun.

Dalam pertemuan selama 2 jam lebih ini, pendamping Lembaga ARuPA bersama para pengurus UMHR Wono Lestari lebih banyak mengupas kondisi dan situasi kelompok. Hal ini disebabkan kelompok UMHR Wono Lestari sendiri akan melakukan pergantian pengurus. Topik ini menjadi penting sebab, secara tidak langsung akan berpengaruh dengan perencanaan bisnis yang akan dilakukan oleh kelompok.

Selain itu, dalam pertemuan ini dikupas pula tentang pembentukan Tempat Penampungan Terdaftar (TPT) kelompok UMHR Wono Lestari. TPT ini sendiri merupakan bagian dari rencana bisnis kelompok yang tercetus ketika diadakan Pelatihan Perencanaan Businnes Plan Kelompok Tani Hutan Rakyat yang diselenggarakan oleh Lembaga ARuPa pada beberapa saat yang lalu.

Hasil dari pertemuan ini sendiri, untuk pergantian pengurus akan dilakukan dalam Musyawarah Anggota (MA), yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret 2016. Lalu, untuk pembuatan TPT akan segera diurus dimulai dari pengurusan perijinan tempat sampai administrasi.

Selanjutnya, setelah kegiatan ini, Lembaga ARuPA akan terus melakukan koordinasi dengan para pengurus UMHR Wono Lestari guna mengawal MA sekaligus pembentukan TPT.

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*