Brief Info Terong

Perubahan iklim global terjadi karena adanya peningkatan Gas Rumah Kaca (GRK). Peningkatan tersebut disebabkan oleh produksi di bumi seperti gas Karbon Dioksida (CO2), Metana (CH4) dan Nitrogen Monoksida (NO) berlebihan ke atmosfer. Aktivitas pembakaran yang berlebihan seperti penggunaan bahan bakar fosil atau minyak oleh industri, pembakaran hutan dan alih fungsi lahan hutan merupakan beberapa contoh penghasil gas emisi yang cukup besar. Menurut (Hairiyah dan Rahayu, 2007), kebakaran hutan dan lahan serta terganggunya lahan lainnya menempatkan Indonesia menjadi urutan ketiga Negara penghasil emisi CO2 terbesar di dunia.

Pembangunan Hutan Rakyat menjadi bagian dalam rencana aksi tersebut. Seperti yang telah kita ketahui hutan rakyat merupakan sebuah fenomena dalam pengelolaan hutan di Indonesia. Dalam UU No. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, hutan rakyat disebutkan dalam penjelasan salah satu pasal yang secara sederhana menerangkan sebuah hutan yang berada pada tanah yang dibebani hak atas tanah dan
berada diluar tanah negara yang ditetapkan sebagai hutan. Jadi ringkasnya, hutan rakyat adalah hutan yang tumbuh di lahan-lahan milik masyarakat.

KTT JASEMA berkomitmen untuk mendidik anggotanya menjadi insan yang berjiwa sosial, peduli lingkungan, dan berkarakter wirausaha. Hal ini menjadi pembeda KTT JASEMA dengan lembaga keuangan yang pernah ada. KTT JASEMA tidak sekedar mencari profit belaka. Kolaborasi nilai sosial, cinta lingkungan, dan semangat entrepreneurship menjadikan petani hutan rakyat yang unggul. Keunggulan ini menjadikan bekal bagi mereka untuk mengelola hutan rakyat secara lebih profesional. Profesionalisme pengelolaaan hutan rakyat menjadi akselerator proses revitalisasi hutan rakyat menuju hutan rakyat lestari.

Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Desa Terong bertujuan untuk memberikan gambaran penggunaan ruang di Desa Terong, wilayah rawan bencana, potensi sumber mata air, potensi hutan rakyat, dan potensi pengembangan perkonomian Desa Terong. Output dari kegiatan ini adalah penyusunan peraturan desa tentang RT/RW desa Terong berbasis kelestarian hutan rakyat.

Download –> Brief Info Terong

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*