cover buku hutan jawa cetak small

Social Forestry atau sering kita sebut Perhutanan Sosial merupakan salah satu upaya Perhutani dalam menjawab dua persoalan sekaligus: kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam pengelolaan hutan Jawa pasca orde baru dikenal Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM).Sebagai sebuah manifestasi dari Perhutanan Sosial, perjalanan PHBM selama lebih dari satu dasawarsa ini terbukti telah gagal menempatkan masyarakat desa hutan sebagai aktor utama dalam pengelolaan hutan. Selain itu, problematika pengelolaan hutan baik dalam aspek kelembagaan, kemitraan, maupun manajemen konflik masih terus terjadi hingga kini.

Buku ini dimaksudkan untuk membuka kembali diskursivitas pengelolaan hutan Jawa yang mandeg seiring munculnya PHBM yang dijadikan Perhutani sebagai senjata ampun dalam menyelesaikan persoalan hutan Jawa. Melalui kajian lapangan, kebijakan, dan pustaka, buku ini menyajikan 3 buah naskah dan 1 ‘suplemen’ dari beberapa kajian berbeda tentang pengelolaan hutan Jawa oleh Perhutani pasca orde baru hingga sekarang. Hal terpenting dari penyodoran kembali diskursivitas pengelolaan hutan Jawa yaitu sebuah pertanyaan besar:

“Apakah Perhutani telah benar-benar menjadikan hutan Jawa sebagai hutan yang lestari, tidak sarat konflik, serta mengangkat derajat kehidupan manusia di sekitar hutan?”

Judul Buku: Hutan Jawa, Kontestasi dan Kolaborasi
Editor: Edi Suprapto & Agus Budi Purwanto
Penerbit: Biro Penerbitan ARuPA, Yogyakarta
Tahun terbit: 2013
vi + 266 hlm
ISBN 978-979-96513-6-5

Keterangan: Buku dapat dipesan secara gratis ke ARuPA.

Bisa juga download E-book di sini –> Hutan Jawa Kontestasi dan Kolaborasi resize

Print Friendly

One Comment, RSS

  • hari

    says on:
    23 Maret 2016 at 6:17 PM

    Selamat buat kawan2 ARuPA atas terbit dan bertambahnya kepustakaan tentang hutan jawa.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*