98844bc1-f487-4d7f-93b4-18a960a04c81

Selama dua hari (14 April – 15 April), Lembaga Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA) mengadakan pelatihan adminitrasi dan manajemen Supplier pada Industri Kecil Menengah dan kelompok tani hutan rakyat dampingan ARuPA di Hotel Cakra Kusuma, Yogyakarta.

Ada 8 IKM dan 3 Kelompok Hutan Rakyat yang turut serta dalam pelatihan tersebut. Ke-8 IKM tersebut adalah CV Natural House, CV Benya, CV Jogjatok, CV Nafarel, CV Enclave, CV Annacraft, CV Nebula Craftwork dan CV Palemcraf. Sedangkan 3 kelompok tani hutan rakyat, yakni APHR Sekar Wana Manunggal, UMHR Wono Lestari dan APHR Ngudi Utomo.

Pelatihan yang terselenggara lewat kerja sama dengan Lembaga Ekolabel Indonesia dan bantuan dana dari Europian Union itu bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang proses administrasi dan prosedur baku manajemen supplier pada para peserta.

Hal ini disebabkan kedua kelompok besar tersebut belum dapat memahami secara keseluruhan bagaimana proses adminitrasi, utamanya pada proses pendokumentasian. Padahal pendokumentasian sendiri diperlukan sejak dari hulu hingga hilir guna meminimalisir pencatatan berganda dan efisiensi bahan baku. Hal ini telah tertuang dalam Permenlhk No. 21/Menhut-II/2015 dan diturunkan dalam Perdirjen No. 8/2012.

Selain itu, tujuan lainnya dari pelatihan ini sendiri adalah menentukan skema penjajakan kerja sama antara kelompok tani hutan rakyat dan industri kecil menengah.

Di hari pertama pelatihan, para peserta tadi diajak memahami beberapa materi, seperti Penatausahaan Hasil Hutan, administrasi IKM dan Managemen supplier. Materi-materi tersebut disampaikan Tri Mulyadi, Dinas Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta, Doddik Sulistiono, Ketua Asmindo Klaten dan Wiyawan Nugroho dari PT Abiyoso Boyolali.

Setelah mendapatkan materi-materi tersebut, kemudian di hari kedua, para peserta diajak untuk studi lapangan secara langsung. Ada dua tempat yang dikunjungi. Pertama, di Asmindo Klaten. Kedua di sekretariat APHR Ngudi Utomo.

Print Friendly

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*